Tuesday 24 February 2015

Cara Memainkan PS 1 Dari HP Android Dengan Mudah

Cara Memainkan PS 1 dari HP Android


Playstation (atau disingkat PS). Siapa yang tidak kenal dengan ‘barang’ yang satu ini. Hampir setiap anak di negeri ini pasti tahu apa itu Playstation

Playstation adalah sebuah game berconsole yang digemari oleh semua orang, baik itu dari anak kecil maupun orang dewasa, semua suka bermain Playstation.
Playstation 1, Playstation 2, Playstation 3, Playstation 4, dan kini akan rilis Playstation 5!

Playstation 1 yang kini kehadirannya sudah langka untuk ditemui dan jarang ditemukan, namun tidak sedikit penggemar dari Playstation generasi pertama ini ingin ‘bernostalgia’ dengan permainan masa kecilnya. Sudah langka juga ditemukan penjual Playstation 1 ini karena pabrikannya (Sony) sudah tidak memproduksinya lagi sedari lama.

Namun bagaimana jika kita ingin memainkannya lagi?
Tenang, kali ini saya akan menshare Cara Memainkan PS1 di HP Android Dengan Mudah.

Let’s check it out!

Pertama – tama yang kita butuhkan adalah :

  1. Tentunya HP Android,(Saya pernah mencoba di Android GingerBread 2.3.6, dan ternyata bisa (!) dengan RAM HP hanya 512 Mb, menurut saya memainkannya cukup lancar)
  2.  Emulator PS1. Nama lain Emulator ini adalah aplikasi (apk) PS1. Dengan adanya emulator ini kita bisa memainkan PS1 di HP Android kita. Ada banyak versi Emulator PS1 ini, namun saya menyarankan untuk memakai yang ePSXe versi 1.9.17, karena tidak hanya gratis, tetapi juga sudah fixed Bug. Link download Emulator PS 1 di Disini (2.6 Mb)
  3. BIOS. BIOS ini adalah otak dari Emulator. BIOS yang kita butuhkan untuk memainkan PS1 adalah Scph1001. Kalau tidak ada BIOS ini, Emulator  tidak akan berfungsi, (Bayangkan saja seperti manusia tidak ada otaknya, mana mungkin dia bisa bekerja) hehehe. Link download BIOS PS 1 Disini (236 Kb)
  4. ISO. ISO ini adalah kaset dari PS kita, kalau udah punya PS tentu kita butuh kaset kan? Ada banyak link sumber penyedia ISO PS 1 di internet, tinggal kalian coba mencarinya. Saran saya Cobalah mencari file ISO yang high Compress, karena file dari ISO PS1 ini bisa mencapai hingga ratusan Mb untuk 1 kaset / Permainan. Tentu tidak hanya memakan Quota data internet kita, tetapi juga memakan banyak waktu yang cukup lama untuk mendownloadnya. Cobalah untuk mengetikkan kata kunci “Download game (permainan yang dicari) ISO PSX high compress” di Google Search Engine, seperti contoh kita mengetikkan Download Game Suikoden 2 ISO PSX High Compress”, nanti akan muncul hasil link High Compress dari game yang kita inginkan.


Oke, kalau semua bahan sudah terkumpul tinggal kita meraciknya..

  1.  Install Emulator ePSXe.apk nya pada android kalian, tentu ini bukanlah hal yang sulit. Terserah kalian mau menginstallnya di memory eksternal atau memory internal, tetapi saya menyarankan untuk menginstallnya di memory eksternal.
  2. Setelah terinstall, tentu secara otomatis ada folder bernama “Epsxe” pada destinasi memory yang kalian pilih tadi.
  3.  Alangkah baiknya apabila kita memindahkan File BIOS SCPH 1001 yang telah kita download pertama kali kedalam folder .../Epsxe/Bios .Jika tidak dipindahkan tidak apa-apa tetapi akan memakan waktu yang agak lama untuk Emulator memindai file tersebut
  4. Pindahkan juga file ISO yang sudah kita download tadi ke Folder .../Epsxe/Iso . sama seperti halnya pada BIOS, tidak dipindahkan juga tidak berpengaruh apa- apa tetapi akan memakan waktu sedikit lama untuk Emulator karena harus memindai file tersebut terlebih dahulu
  5. Buka aplikasi ePSXe.nya, dan... Happy Playing sob! Tapi kalau Config Tombol Stick PS.nya belum terasa cocok tinggal pergi ke Menu Preference>TouchScreen GamePad>Pad1 Format Editor.
  6.  Untuk mengatur Memory Cardnya pun cukup mudah tinggal ke menu Preference>Memcard1 File>Browse (Ekstensi filenya .mcr)


Oke, sekian dari saya mengenai Cara Memainkan PS 1 dari HP Android Dengan Mudah. Cukup mudah, kan?

1 comment:
Write comments
  1. sip makasih infonya jadi bisa skrg...



    Kunjungi juga berita megapolitan terkini
    Infonitas.com

    ReplyDelete

Komentar yang mengandung unsur kebencian, sara, spam, pornografi & ras akan diblokir dan dihapus secara permanen.
Hak cipta dilindungi, cantumkan sumber jika akan copy paste.
Terimakasih

Follow Us